What's New?

Senin, 26 Februari 2018

[WEBTOON] LOOKISM Review

Cowok ini punya dua wujud! Pilih yang mana ya..?

Terbit setiap Kamis (masih on going)
Penulis : Taejoon Park
Genre : Drama


Sekali lagi, cover itu menentukan pandangan pertama kita, ayolah, makanya jangan lihat dari covernya aja! Kayak aku yang dulu gak tertarik sama sekali dengan Lookism karena covernya bikin aku mikir gini : 'Halah, paling ceritanya tentang cowok jelek yang berubah jadi ganteng, terus terciduk cewek miskin dan cantik, monoton!' Dan ternyata pernyataan aku tadi ada benernya sedikit sih hehe. Aku paling benci dengan cerita yang kena 'cinderella's syndrome' atau karakter yang menganut mary sue atau gray stu. Plis. Hentikan cerita yang repetitif seperti itu.

Tapi, hal yang aku takutkan tadi ternyata gak berlaku sama Lookism! Alhamdulillah. Aku baru ngikutin Lookism pas dia udah update sampai episode 20an gitu, pertamanya karena di saranin sama temen, terus mereka pada rame diskusiin yaudah ikutan baca dah. Nah, bagi kalian yang ragu dengan cover dan ringkasan Lookism, ayo baca review dulu. Karena Manhwa ini seriusan Rekomended 👍 100%

REVIEWNYA CHERRY

Lookism ditulis sama penulis komik ganteng asal korea selatan, Park Taejoon. Ih sumpah ganteng parah kayak idol! Yaudah ini gak ada hubungannya dengan ceritanya nanti.

 Warning! Drama ini memuat adegan kekerasan dan dewasa

Lookism ditulis sama penulis komik ganteng asal korea selatan, Park Taejoon. Ih sumpah ganteng parah kayak idol! Sekilas tentang Taejoon, dia ini adalah pemilik online shop besar Aboki, model, ulzzang, dan sekarang merambat menjadi webtoonist dengan kisah yang di latar belakangi masa lalunya yang kelam huhu, pokoknya dia ini perfect. Sempurna lagi kalau dia jadi imam aku unch :* Yaudah ini gak ada hubungannya dengan ceritanya nanti. Eh ada deng dia nanti bikin karakter berdasar teman - teman artis dan ulzzangnya widiw.


Lookism menceritakan tentang Park Hyung Seok yang berbadan gemuk, kerdil, miskin dan tau kan, kalau di South Korea, jika kamu adalah orang yang kayak Seok pastinya akan di bully. Dan iya, Seok di bully habis - habisan sama monster di sekolahnya.

Ia meronta - ronta kepada ibunya agar dipindahkan sekolah, pada awalnya ibunya menolak karena tidak tahu apa motif Seok, dan setelah tahu kalau anaknya di bully, ibu Seok setuju untuk memindahkan putra satu - satunya itu ke daerah lain. Seok berpikir jika di tempat baru ini ia bisa berubah dan tidak melarikan diri lagi, ternyata ia salah, ia tetap saja diperlakukan seperti dulu.
Seok menangis di rumah, lalu saat ia terbangun, ia telah berubah! Tubuhnya ada dua, satu yang ganteng dan satu yang ehm-jelek. Ia mencari tahu bagaimana ia bisa tertukar dengan tubuh lainnya. Ternyata, jika salah satu tubuh tidur, maka tubuh lain akan terbangun. Seok mulai merencanakan bagaimana ia hidup, dan membagi waktu untuk kedua tubuhnya.

Intinya Lookism menceritakan tentang permasalah populer sampai masalah kecil yang terjadi di negara asalnya, dan semua masalah itu real loh. Untung kita hidup di Indonesia ya.

Bagian yang paling aku suka dari Lookism dan Park Taejoon adalah ia mengizinkan kita memandang segala hal dari berbagai sudut pandang, inilah bagian terkeren dari Lookism. Menurut aku ini cukup susah mengingat kadang kita lebih pro ke salah satu karakter dan menghakimi karakter lain yang jahat.

Gambarnya kalau menurut aku, terlalu bagus dan terlalu detail hehe, dan si Taejoon ini bisa banget bikin sesuatu yang buruk kelihatan bobroooooook banget, dan yang bagus di bagus bagusin banget gambarnya. Salut lah, kadang ada gambar yang serem dan bikin kaget creepy 😂

Dari alur, karena ini drama, alurnya jadi agak lambat, dan di satu titik, aku mulai merasa kalau ini kayaknya di panjang - panjangin deh ah. Tapi tujuannya memang bukan buat manjang - manjangin, tapi emang mau mengangkat masalah itu aja, walau ada beberapa chapter yang gak ada hubungannya dengan cerita utama (menurut aku, tapi pasti berhubungan nantinya) chapter per chapternya tetap seru kok. Banget malahan.



Karakter pada Lookism dibikin se-real mungkin, ada yang menonjol kayak Zin yang popular, jago kelahi, pakai - pakian bermerk tetapi di lain sisi dia punya kelemahan yaitu gak mau ceweknya disakitin (nah loh), dia jadi lemah di hadapan Mijin pacarnya. hahaha.

Di awal episode Haneul banyak muncul dan diceritakan, ia menempel terus dengan Seok karena ganteng, huh! tapi nantinya dia jadi baik loh dan gak melihat seseorang dari penampilannya lagi, sabar ya menemui Haneul yang baik. Ada juga karakter Jay, yang sampe saat ini aku masih curiga kalau dia itu gay hahaha, dan ngomongnya juga gak tau gimana, intinya dia pendiam. Iya pendiam.

Dan untuk lead role, Seok benar - benar konsisten dari awal sampai sekarang, karakternya yang polos dan baik itu bakal bikin kita memandang sesuatu dengan cara yang baru. Dia selalu positif pada setiap kekacauan dan kejadian yang menimpanya. Nanti bakal ada karakter Soojung yang punya situasi sama seperti Seok tetapi jalan hidupnya berbeda.

Setiap karakter punya karakter yang kuat, walau ada perubahan, perkembangan karakter mereka benar - benar alami. Gak ada plot hole nya juga. Daaaaannn.... Karakter favorit aku adalah jeng jeng, Euntae Lee alias Vasko, si preman berhati hello kitty, dia karakter yang paling unpredictable banget, juga mencairkan suasana yang berat. Pokoknya dia ini karakter ter dabest lah, dia pasti melindungi teman - temannya dan orang yang lemah, apalagi kalau udah menyangkut BFFnya si Bumjae yang telinganya besar.

Kan semua karakternya kuat dan berkesan, makanya sampe karakter gak penting cem tuan tanah gangnampun aku masih ingat, hehe.

Ini VASKO (σ≧∀≦)σ


LOOKISM gak salah kalau dibilang manhwa / webtoon bertabur ulzzang, ya, kalau mau cari orang asli dari Seok, Jay, Zin dan lain - lainnya, bisa langsung search haha (kalau di sini ntar kepanjangan hehe)

Per chapternya Lookism cukup panjang, dan jujur aku puas dengan panjang segitu. Malah kadang gak berasa eh habis aja nih episode. Kalau mau cari komik yang romace banget, kayaknya Lookism bukan pilihan deh. Tapi, kalau mau cari bacaan yang ada Romance, Bromance, Friendship, Socialship, Thrill, Fantasy dan Comedy dalam satu paket Lookism adalah yang wajib kamu baca!

Walau mengangkat banyak cerita dan masalah, porsi masing - masing karakter gak bakal dimakan sama karakter lain kok, pokoknya pas banget. Jangan buru - buru kepengen tau, gimana cerita Seok bisa punya dua tubuh, karena capek nunggu masalah itu diangkat, karena menurut aku, Lookism adalah komik yang oleh penulisnya ingin menyampaikan pesan dari masalah - masalah populer saat ini, dan membuka mata kita dengan masalah itu sendiri.

Let it flow aja, pokoknya Lookism adalah cerita berkelas yang pernah aku baca sepanjang webtoon versi bahasa Indonesia. Oiya, Lookism punya OST loh, yang di nyanyikan sama Ulzzang yang bernama sama yaitu Park HyungSeok judulnya Beautiful Day, itu adalah lagu yang dibawakan di episode "Festival'' Lookism.

Check Out OST here (╭☞•́⍛•̀)╭☞ YOUTUBE

Rating buat Lookism : 5/5


1 komentar: