What's New?

Rabu, 21 Februari 2018

[DRAMA KOREA] A KOREAN ODDISEY ( 화유기 ) REVIEW

JANGAN PERGI, ITU MENYAKITIKU, KARENA AKU MENCINTAIMU - SON OH GONG

PROFILE

Drama: A Korean Odyssey
Revised romanization: Hwayuki
Hangul: 화유기
Director: Park Hong-Kyun, Kim Jung-Hyun, Kim Byung-Soo
Writer: Hong Jung-Eun, Hong Mi-Ran
Network: tvN
Episodes: 20
Release Date: December 23, 2017 - March 4, 2018
Runtime: Sat. & Sun. 21:00
Language: Korean
Country: South Korea

SINOPSIS SINGKAT

Son Oh Gong (Lee Seung Gi) dan Wooma Wang (Cha Seung Woon) terlibat konflik satu sama lain, lalu Jin Sunmi kecil yang polos membebaskan Son-o-gong dengan syarat harus melindunginya. Sayangnya setelah bertahun - tahun, Son Oh Gong tak kunjung datang.
Karena Ma Wang memasangkan Geumgangdo, Oh Gong dan Jin Sunmi (Oh Yeon Seo) bersama - sama dalam misi menghancurkan roh jahat untuk membantu Ma Wang menjadi Dewa.

REVIEWNYA CHERRY

Di dua episode pertama Hwayuki, yang aku rasakan adalah, berkesan. Oke, walau banyak yang bilang ini adalah 'Goblin cheap version' kayaknya gak sepenuhnya benar deh. Sejak Goblin sukses, drama dengan tema fantasi dan hidup abadi makin menjamur, contohnya The Bride of water God, Black, terus yang baru - baru ini Black Knight, walau secara alur dan plot memang tidak ada kesamaan, tapi contoh tadi membuktikan kalau kesuksesan Goblin mengangkat tema yang fresh bisa dibilang sukses.

Balik lagi ke Hwayuki, walau ada beberapa kemiripan (kalau mau di mirip - miripkan), tapi tidak mengganggu kita sebagai penonton, terlepas dari Hwayuki adalah adaptasi novel cina Journey to The West atau Kera Sakti, yang aku walau nonton itu dari kecil gak pernah tau juga jalan ceritanya gimana hehe.

Jin Seonmi adalah seorang anak kecil yang bisa melihat iblis jahat, namun, diperjalanannya pulang dari sekolah, ia bertemu dengan Ma Wang (Wang itu artinya Raja), Ma Wang bertanya pada Seonmi apakah ia bisa melihat iblis dan saat Seonmi bilang iya, Ma Wang menjawab. "Haepkye (Kau lulus)," dari awal ini kata - kata terngiang di otak saia terus loh haha.

Terkait-Isu-Cha-Seung-Won-Berhenti-Syuting-Drama-‘Hwayuki%u2019-Staf-Produksi-Angkat-Bicara.

Diperjalanaan Seonmi pulang sekolah, ia melakukan kesalahan besar hingga ia dikutuk menjadi Samjang. Seonmi(samjang) memiliki kesepakatan dengan Son Oh Gong, di sini aura aura romasanya udah mulai kecium, dan menurut aku walau ada 'kesamaan' tapi yang Hwayuki memberi bumbu baru dalam cara menyampaikan keromntisannya.

Di dua episode pertama, berasa banget kalau ini adalah episode perkenalan, ditekankan lagi, berasa banget, jadi bukan kayak Goblin-lagi,yang di dua episode pertama kita masih mengernyitkan dahi, tapi di Hwayuki kita bakal udah paham dengan karakter masing - masing, walau beberapa karakter diperkenalkan di episode 3-4.

Warning, buat kalian yang gak terlalu suka dengan setan - setanan, kayaknya jangan nonton malam - malam deh, soalnya setannya pada ngeri cuy, bener deh, apa lagi buat aku yang gak suka setan Asia, tapi tetap malam juga sih di jabanin hehe.

hwayugi1-00027

Dan Hwayuki mulai jadi lebih mengesankan ketika episode 3 dan 4 nya di tayangkan, ada kasus baru yang membuat kita terenyuh dan baper, Yaitu Geumgangdo. Benda ini nantinya membawa pengaruh besar dalam kehiduapan keduanya.

Oke, aku ngoceh panjang lebar bangetnya di plot wkwk, iya, soalnya plotnya susah di deskripsikan dengan 100 kata doang, walau ada sedikit spoiler, tenang, tidak akan menggangu fokus kamu kok.
Sinematrogafi Hwayuki sempat jadi perbicangan warga net, karena tali penyangga buat terbangnya kelihatan dan penggunaan editing green roomnya masih kelihatan. Iya emang iya sih, edittingnya masih kurang bagus di banding sbs atau kbs, ada beberapa editting yang berasa banget.

Untuk pemain, Wah, drama comebacknya Lee Seung Gi, asiknya dia dipasangkan lagi dengan Cha Seung Won (dulu di drama You're All Surrounded), Bromancenya asik banget, dengan karakter mereka dan perselisihan hebat antara keduanya tapi masih bisa saling perhatian oo co cwit, dan suasana tegang juga bisa di selamatkan sama karakter Ajushi Jang Gwang yang berperan sebagai Yoon Daeshik siluman ikan sapu - sapu, bikin Bromancenya tambah hidup.

Untungnya lagi, lead female-rolenya adalah Oh Yeon Seo, yang cantiknya pas banget buat menemani Oppa Seung Gi, juga pas banget kalau akting kalem gini (padahal sebelumnya di Comeback Mister kocak abis wkwk). Juga banyak yang bilang Yeonseo kurang cocok sama peran Samjang eh tapi enggak lah, senior dekade dua inivmah, jadi gak usah di perbincangib lagi deh masalah akting dan penghayatannya, dapat.

hwayugi-lee-hongki1

Ada lagi karakter yang super unyu, tapi aku kurang mengerti, adalah untuk apa karakter Lee Hongki? Kenapa ia ada di poster padahal karakternya kurang membantu ataupun mengacau. Sampai pertengahan episode pun, Siluman babi yang merupakan artis terkenal inipun masih tidak banyak pengaruhnya. Jadi aku berfikir mungkin cuma hiasan di poster biar bertabur bintang gitu. 

Nanti juga bakal ada karakter Buja, mayat hidup yang mati - matian pengen di lindungi PK (Lee Hong Ki), dan karakter mereka berdua ini cuma jadi apa ya, penghibur gitu menurut aku, walau sedikit demi sedikit membuka rahasia masa lalu, tetap aja pengaruh mereka masih kurang. Walau begitu, mereka cukup ambil andil dalam sisi hiburan Hwayuki, dan karakter mereka juga gak tenggelam kok.

Romance antara Samjang (Oh Yeon Seo) dan Son Oh Gong, dapat, oke, ini chemistry mereka masih belum bisa mengalahkan pasangan (Lee Seung Gi-Shin Minah di drama My Girlfriend is a Gumiho) walau gitu, akting mereka berhasil bikin kita baper, apalagi kalau Oh Gong lagi cemburu atau sakit hati haha. Dua - duanya seperti hidup enggan mati tak mau gitu loh, tarik ulur dan gengsi - gengsian.

hwayugi3-00749

Asiknya Hwayuki, drama bertabur bintang ini, nanti ada mas Jang Geun Seuk sebagai cameo, sebentar banget sih sebenarnya, tapi bikin ini drama tambah konyol wkwk. Ada juga Yeunjeung (ex-ioi & member wjsn) nge-cameo, hehe lucu deh Yeunjeung akuh. Juga ada peran Alice yang dimaikan sama Yoon Bora(ex-SISTAR) nah loh, awalnya aku juga gak ngeh eh ternyata. Dan yang pengen lihat aktinnya Lee El lebih lama lagi, nah, disini dia berperan sebagai siluman anjing yang setia, dia jadi sekretarisnya Ma Wang. Jangan lypa pangeran es di kasih sorot, great actor hope to see him in more dramas, who's with me?

Ma wang penghidup utama suasana Hwayuki, gak nanggung - nanggung dia bikin mimik macam siluman kesakitan beneran. Cara bicaranya juga unik dan nempel banget. Pokoknya karakter Ma Wang kuat lah, sayangnya masa lalu Ma Wang kurang di sorot padahalkan abdi penasaran euy:(

Tapi, Hwayuki gak ngajak kalian main tebak - tebakan loh, gausah sok jadi cenayang ya ngeramal kejadian ini itu, karena jatuhnya bakal unpreductable banget. Ngingetin aja hehe.

Overall, semuanya bagus dari Setting, Plot dan alur, pemain dan yang paling penting OST.
Oh iya OST Part-1 nya dinyanyikan sama NUEST W (waaa seneng pisan abdi, Suara Akang Baekho enak banget di denger, beat yang easy listening banget). Beneran asik banget lagunya asli. "Let me out, why dont you let me go~"

Apakah Drama ini sukses? Ya ini drama sukses, ratingnya aja mengalahkan Reply 1988 dan Goblin. Karena bisa dibilang alurnya beneran mulus walau plotnya gak baru, Bertabur bintang juga aspek ya, dan emang asik, bawaannya asik dan nagihin.

Replayable? Not Really, 3 out of 5 buat masalah Replyable atau enggak. Soalnya per episode dari 1-6 an gitu 1,5 sampai 2 jam, kebayang mau nge-reply? Dan juga karena ini drama penuh dengan ke-gereget-an, kalau di tonton ulang, daya tariknya udah hilang, gitu.

Jadi, ini drama cukup rekomended, silahkan masukkan dalam list drama yang akan di tonton selanjutnya, karena ceritanya ringan, menghibur dan baper juga horor, hehe piss.

Rating : 3,5 / 5


 

1 komentar:

  1. Pacarnya Sonogong13 Maret 2018 pukul 02.47

    Iya sama, kurang suka CGI nya berlebihan jadinya norak hiks

    BalasHapus