Cherry nge-Review

LightBlog

What's New?

Senin, 26 Februari 2018

Februari 26, 2018

[WEBTOON] LOOKISM Review

Cowok ini punya dua wujud! Pilih yang mana ya..?

Terbit setiap Kamis (masih on going)
Penulis : Taejoon Park
Genre : Drama


Sekali lagi, cover itu menentukan pandangan pertama kita, ayolah, makanya jangan lihat dari covernya aja! Kayak aku yang dulu gak tertarik sama sekali dengan Lookism karena covernya bikin aku mikir gini : 'Halah, paling ceritanya tentang cowok jelek yang berubah jadi ganteng, terus terciduk cewek miskin dan cantik, monoton!' Dan ternyata pernyataan aku tadi ada benernya sedikit sih hehe. Aku paling benci dengan cerita yang kena 'cinderella's syndrome' atau karakter yang menganut mary sue atau gray stu. Plis. Hentikan cerita yang repetitif seperti itu.

Tapi, hal yang aku takutkan tadi ternyata gak berlaku sama Lookism! Alhamdulillah. Aku baru ngikutin Lookism pas dia udah update sampai episode 20an gitu, pertamanya karena di saranin sama temen, terus mereka pada rame diskusiin yaudah ikutan baca dah. Nah, bagi kalian yang ragu dengan cover dan ringkasan Lookism, ayo baca review dulu. Karena Manhwa ini seriusan Rekomended ๐Ÿ‘ 100%

REVIEWNYA CHERRY

Lookism ditulis sama penulis komik ganteng asal korea selatan, Park Taejoon. Ih sumpah ganteng parah kayak idol! Yaudah ini gak ada hubungannya dengan ceritanya nanti.

 Warning! Drama ini memuat adegan kekerasan dan dewasa

Lookism ditulis sama penulis komik ganteng asal korea selatan, Park Taejoon. Ih sumpah ganteng parah kayak idol! Sekilas tentang Taejoon, dia ini adalah pemilik online shop besar Aboki, model, ulzzang, dan sekarang merambat menjadi webtoonist dengan kisah yang di latar belakangi masa lalunya yang kelam huhu, pokoknya dia ini perfect. Sempurna lagi kalau dia jadi imam aku unch :* Yaudah ini gak ada hubungannya dengan ceritanya nanti. Eh ada deng dia nanti bikin karakter berdasar teman - teman artis dan ulzzangnya widiw.


Lookism menceritakan tentang Park Hyung Seok yang berbadan gemuk, kerdil, miskin dan tau kan, kalau di South Korea, jika kamu adalah orang yang kayak Seok pastinya akan di bully. Dan iya, Seok di bully habis - habisan sama monster di sekolahnya.

Ia meronta - ronta kepada ibunya agar dipindahkan sekolah, pada awalnya ibunya menolak karena tidak tahu apa motif Seok, dan setelah tahu kalau anaknya di bully, ibu Seok setuju untuk memindahkan putra satu - satunya itu ke daerah lain. Seok berpikir jika di tempat baru ini ia bisa berubah dan tidak melarikan diri lagi, ternyata ia salah, ia tetap saja diperlakukan seperti dulu.
Seok menangis di rumah, lalu saat ia terbangun, ia telah berubah! Tubuhnya ada dua, satu yang ganteng dan satu yang ehm-jelek. Ia mencari tahu bagaimana ia bisa tertukar dengan tubuh lainnya. Ternyata, jika salah satu tubuh tidur, maka tubuh lain akan terbangun. Seok mulai merencanakan bagaimana ia hidup, dan membagi waktu untuk kedua tubuhnya.

Intinya Lookism menceritakan tentang permasalah populer sampai masalah kecil yang terjadi di negara asalnya, dan semua masalah itu real loh. Untung kita hidup di Indonesia ya.

Bagian yang paling aku suka dari Lookism dan Park Taejoon adalah ia mengizinkan kita memandang segala hal dari berbagai sudut pandang, inilah bagian terkeren dari Lookism. Menurut aku ini cukup susah mengingat kadang kita lebih pro ke salah satu karakter dan menghakimi karakter lain yang jahat.

Gambarnya kalau menurut aku, terlalu bagus dan terlalu detail hehe, dan si Taejoon ini bisa banget bikin sesuatu yang buruk kelihatan bobroooooook banget, dan yang bagus di bagus bagusin banget gambarnya. Salut lah, kadang ada gambar yang serem dan bikin kaget creepy ๐Ÿ˜‚

Dari alur, karena ini drama, alurnya jadi agak lambat, dan di satu titik, aku mulai merasa kalau ini kayaknya di panjang - panjangin deh ah. Tapi tujuannya memang bukan buat manjang - manjangin, tapi emang mau mengangkat masalah itu aja, walau ada beberapa chapter yang gak ada hubungannya dengan cerita utama (menurut aku, tapi pasti berhubungan nantinya) chapter per chapternya tetap seru kok. Banget malahan.



Karakter pada Lookism dibikin se-real mungkin, ada yang menonjol kayak Zin yang popular, jago kelahi, pakai - pakian bermerk tetapi di lain sisi dia punya kelemahan yaitu gak mau ceweknya disakitin (nah loh), dia jadi lemah di hadapan Mijin pacarnya. hahaha.

Di awal episode Haneul banyak muncul dan diceritakan, ia menempel terus dengan Seok karena ganteng, huh! tapi nantinya dia jadi baik loh dan gak melihat seseorang dari penampilannya lagi, sabar ya menemui Haneul yang baik. Ada juga karakter Jay, yang sampe saat ini aku masih curiga kalau dia itu gay hahaha, dan ngomongnya juga gak tau gimana, intinya dia pendiam. Iya pendiam.

Dan untuk lead role, Seok benar - benar konsisten dari awal sampai sekarang, karakternya yang polos dan baik itu bakal bikin kita memandang sesuatu dengan cara yang baru. Dia selalu positif pada setiap kekacauan dan kejadian yang menimpanya. Nanti bakal ada karakter Soojung yang punya situasi sama seperti Seok tetapi jalan hidupnya berbeda.

Setiap karakter punya karakter yang kuat, walau ada perubahan, perkembangan karakter mereka benar - benar alami. Gak ada plot hole nya juga. Daaaaannn.... Karakter favorit aku adalah jeng jeng, Euntae Lee alias Vasko, si preman berhati hello kitty, dia karakter yang paling unpredictable banget, juga mencairkan suasana yang berat. Pokoknya dia ini karakter ter dabest lah, dia pasti melindungi teman - temannya dan orang yang lemah, apalagi kalau udah menyangkut BFFnya si Bumjae yang telinganya besar.

Kan semua karakternya kuat dan berkesan, makanya sampe karakter gak penting cem tuan tanah gangnampun aku masih ingat, hehe.

Ini VASKO (ฯƒ≧∀≦)ฯƒ


LOOKISM gak salah kalau dibilang manhwa / webtoon bertabur ulzzang, ya, kalau mau cari orang asli dari Seok, Jay, Zin dan lain - lainnya, bisa langsung search haha (kalau di sini ntar kepanjangan hehe)

Per chapternya Lookism cukup panjang, dan jujur aku puas dengan panjang segitu. Malah kadang gak berasa eh habis aja nih episode. Kalau mau cari komik yang romace banget, kayaknya Lookism bukan pilihan deh. Tapi, kalau mau cari bacaan yang ada Romance, Bromance, Friendship, Socialship, Thrill, Fantasy dan Comedy dalam satu paket Lookism adalah yang wajib kamu baca!

Walau mengangkat banyak cerita dan masalah, porsi masing - masing karakter gak bakal dimakan sama karakter lain kok, pokoknya pas banget. Jangan buru - buru kepengen tau, gimana cerita Seok bisa punya dua tubuh, karena capek nunggu masalah itu diangkat, karena menurut aku, Lookism adalah komik yang oleh penulisnya ingin menyampaikan pesan dari masalah - masalah populer saat ini, dan membuka mata kita dengan masalah itu sendiri.

Let it flow aja, pokoknya Lookism adalah cerita berkelas yang pernah aku baca sepanjang webtoon versi bahasa Indonesia. Oiya, Lookism punya OST loh, yang di nyanyikan sama Ulzzang yang bernama sama yaitu Park HyungSeok judulnya Beautiful Day, itu adalah lagu yang dibawakan di episode "Festival'' Lookism.

Check Out OST here (╭☞•́⍛•̀)╭☞ YOUTUBE

Rating buat Lookism : 5/5


Minggu, 25 Februari 2018

Februari 25, 2018

[DRAMA KOREA] I MISS YOU (๋ณด๊ณ ์‹ถ๋‹ค) REVIEW

ANTARA CINTA PERTAMA DAN BALAS KASIH


Profile

  • Drama: Missing You (English title) / I Miss You (literal title)
  • Revised romanization: Bogosipda
  • Hangul: ๋ณด๊ณ ์‹ถ๋‹ค
  • Director: Lee Jae-Dong, Park Jae-Bum
  • Writer: Moon Hee-Jung
  • Network: MBC
  • Episodes: 21
  • Release Date: November 7, 2012 - January 17, 2013
  • Runtime: Wednesdays & Thursdays 21:55
  • Language: Korean
  • Country: South Korea 

SINOPSIS SINGKAT

Lee Sooyeon 15 tahun adalah korban pembulian, ia dibully karena merupakan anak dari seorang pembunuh, namun secara random ia dipertemukan dengan Han Jung Woo, yang akhirnya menjadi guardian angelnya dan mereka berduapun saling jatuh cinta. Namun, karena sebuah kejadian keduanya harus terpisah selama 14 tahun.

Han Jungwoo yang belum bisa move on dari Lee Sooyeon masih mencari - carinya, tetapi ketika keduanya dipertemukan, Jungwoo harus memperjuangkan Sooyeon yang sekarang telah dimiliki oleh Kang Hyung Joon.

REVIEWNYA CHERRY


Di tahun 2012 - 2013, drama ini cukup populer sebab drama pada tahun itu bertabur bintang dan ceritanya juga emang gak kalah unik, sedang I Miss You menggaet pemain yang kontroversial soal akting mereka, jadi yah, kurang populer gitu. Tapi eksistensinya ternyata berhasil dimunculkan oleh para pemain, mereka bahkan memenangkan banyak penghargaan seperti  Excellent Actor (mini series) untuk Park Yoo-Chun , Popularity Actress Award untuk Yoon Eun-Hye , Golden Acting Actor Award untuk Jeon Kwang-Leol, Best Child Actor untuk Yeo Jin-Goo, Best Child Actress untuk Kim So-Hyun.

Yoon Eun Hye dan Park Yoochun yang sama - sama berasal dari Idol dan sempat di judge kalau aktingnya buruk, mampu (malah menurut aku lebih dari yang di ekspetasikan) menjatuhkan komentar negatif tersebut. Tapi pada masanya wajar aja sih kalau kurang populer, bayangkan mereka bersaing dengan drama dengan rating tertinggi sepuluh tahun terakhir : The Moon that Embrace the Sun, hayoloh :p terus temen - temen drama seangkatannya yang gak kalah seru kayak Answer Me 1997, Dr Jin, Shut Up Flower Boyband, Arang and the Magistrate, Big, Duh habis dah ni postingan kalau w sebutin satu - satu, pokoknya 2012 menurutku adalah tahun emas bagi pecinta drama korea dan Produser, penulis serta staf - staf lainnya, kenapa ya, tahun itu semuanya menyuguhkan drama dengan tema yang fresh banget. Jadi rasanya kalau mau cari - cari drama yang bagus dan menyentuh, kembalilah ke tahun 2012. In Which hampir semua drama di tahun itu bagus banget. Termasuk I Miss You, walau ratingnya cuma mampu menembus 12%

Dari segi cerita, mereka ambil tema cerita biasa tentang cinta pertama yang dipisahkan selama bertahun - tahun. Tapi jujur, di tahun itu, tema kayak gini cukup menghibur dan fresh karena kebanyakan drama lain temanya beda - beda, dan di sinilah bermunculan drama dengan plot yang mirip mirip. Eitt, I Miss You ini walau di tonton 10 tahun lagi juga tetap bakal seru, dan tetap mengharukan. Ini drama melloooooww sekali, siap - siap tisu ya, soalnya setiap episode pasti bakal nangis lah, dijamin.

Walau temanya biasa dan sudah pernah dipakai di drama - drama sebelumnya, macam stairway to heaven, uniknya secara alur I Miss You rapih dan tidak buru - buru. Dan tidak ada di temukan plot hole di ceritanya, padahal ini kisah yang kalau salah sedikit aja dalam plotnya bisa jadi banyak cacat. Nah, kerenkan penulisnya, dia ambil resiko memainkan plot biasa yang penuh ranjau ini. Misalnya aja, waktu Sooyeon di bully, kalau aja Sooyeon menggertak atau menangis, malah jadinya aneh dan kurang masuk akal, tapi sang penulis memilih menjadikan Sooyeon diam tapi tetap gak menerima kenyataan, jadi sisi anak kecilnya berasa banget.

Sejak Drama I'm Not A Robot, Drama Yoo Seungho jadi pencarian banget. Nah ini drama yang aku rekomendasikan kalau mau lihat Yoo Seungho jadi antagonis, kamu bakal kesel banget deh sama karakter dia walaupun dia ganteng huhu, pokoknya aktingnya daebak lah.

Dan alasan pertama aku nonton I Miss You adalah karena ada Kim So hyun, unch, kita seumuran tapi diumur 13 dia udah sesukses itu, lah aku dulu... Ehm yaudah gausah diperjelas. Dia aktingnya natural banget, kemampuannya itu ternyata semakin besar semakin bertambah. So hyun wuf u~

Asiknya dia di pasangkan dengan Yeo Jin go, lah dia sebelumnya saingan sama Kim Yoojung di drama Moon Embraces the sun, jadi exciting banget ngeliat mereka di-ship-in.

Kayaknya pemainnya dipilih dengan sangat sangat baik, karena Kim Sohyun itu mirip banget sama Yoon Eunhye (menurut aku dan kornet), Yeo Jingoo hmmm gak terlalu mirip sih sama Yoochun, tapi bolehlah bolehlah.

Waktu itu emang lagi tren drama dengan kisah masa kecilnya disajikan 4 episode, widiw coba di tahun - tahun sekarang, pasti bakal bosen 4 eps nontonin masa kecilnya (soalnya sekarang pembawaannya kurang gitu).

Chemistry antara Yoon eunhye dan Yoochun itu wuah bagus banget lah, klop. Karakter Sooyeon yang pengen banget terlihat ceria tapi ada luka di dalamnya, itu menurut aku susah banget loh, bayangkan kita harus pura pura -pura pura bahagia sekaligus sedih. Hayoloh. Dan Eunhye memerankan itu dengan amat sangat natural. Karakter Jungwoo yang perhatian dan keras kepala cocok banget sama Yoochun (walau waktu itu aku sedikit keganggu soalnya dia main di Rooftop Prince karakternya berbalik 180 derajat wkwk).

OSTnya sudah pasti bagus, mellow semua tapi haha, yah tapi emang sesuai dengan genre dramanya yang mellow menye - menye melankolis gitu. Favorit aku adalah Tears Are Falling yang dinyanyikan oleh WAX. Sampai sekarang (udah 5 tahunan) adegan pas lagu ini diputar tuh masih clear banget di ingatan aku.

Waktu itu ya masih zamannya dvd bajakan haha, tapi waktu itu udah ada viki, jadi nontonnya streaming tengah malam lewat viki. Ini satu - satunya drama yang berhasil bikin aku begadang sampe jam 6 pagi padahal besok sekolah. Sebagian dari kalian sih pasti sering ya, kalau buat aku itu momen langka, karena se-rame apapun drama aku pasti bisa nge-rem. Tapi pas I Miss You gak kuat deh. Baru - baru tahun kemaren aku cari - cari Dramanya buat di download dan ngulang, tetep nangis T.T padahal udah tau hahaha.

Ini drama gak lengkap sih, soalnya Mellow-kan, komedinya kadang dark banget, serem haha. Tapi I swear this drama will be your next first favorite drama.
Replyable? Yessss 4.8/5

So I really really really really (neomu neomu neomu neomu) recommended this!
4.8 out of 5 star for I Miss You


 

Sabtu, 24 Februari 2018

Februari 24, 2018

[DRAMA KOREA] Mother (๋งˆ๋”) Review



IBU, AKU BAIK - BAIK SAJA

Profile

  • Drama: Mother
  • Revised romanization: Madeo
  • Hangul: ๋งˆ๋”
  • Director: Kim Cheol-Kyu
  • Writer: Jung Seo-Kyoung
  • Network: tvN
  • Episodes: 16
  • Release Date: January 24, 2018 --
  • Runtime: Wed. & Thu. 21:30
  • Language: Korean
  • Country: South Korea 
  • Genre : Drama
SINOPSIS SINGKAT

Seorang Gadis bernama Hyena adalah korban dari perlakuan kasar orang tuanya, di sekolah ia juga di bully oleh teman - temannya. Kang Sojin, seorang guru pengganti kemudian membantu wali kelas Hyena menyelidiki kehidupan privasi Hyena, karena trauma yang di dapatnya selagi kecil, ia memutuskan menjadi ibu Hyena dengan cara ilegal.

REVIEWNYA CHERRY

Mother adalah remake dari drama Jepang berjudul sama di tahun 2010. Mengangkat kisah tentang seorang anak bernama Hyena yang diperlakukan kasar bahkan keras dan sudah termasuk kasus penyiksaan pada anak ini, tetapi dengan kepolosan dan kedewasaan Hyena yang masih berusia 9 tahun (kalau di Korea masuk TKnya umur 7 tahun), ia tetap berusaha terlihat tegar dan baik - baik saja demi menutupi semua perlakuan buruk ibu dan pacar ibunya. Hyena bertemu dengan guru penggantinya Kang Sojin di sebuah cafe, mereka berbincang tentang ini itu, Kang Sojin yang dingin, tidak terlalu menyukai anak kecil dan berprinsip kalau dirinya tidak akan menjadi ibu perlahan mulai menyukai dan bersimpatik pada Hyena. Wali kelas Hyena yang bernama Yeeun, begitu peka terhadap anak muridnya, hingga ia berani menginterogasi dan mendatangi rumah Hyena dengan bukti minim yang dimilikinya. Kang Sojin juga berpartisipasi dalam hal ini, sedikit demi sedikit kedok Jayoung (Ibunya Hyena) mulai tercium oleh Sojin.


Suatu malam, Sojin melihat Hyena di buang di bak sampah, sejak saat itu ia memutuskan untuk membawa Hyena dan menjadi ibunya dalam pengejaran polisi.

Hmm, dalam usaha mereka melarikan diri, Sojin menemukan ingatan - ingatan masa lalunya yang terhapus sejak di tinggal ibunya di panti asuhan.

Drama ini nantinya juga bakal menyuguhkan perdebatan antar saudara, dan di episode empat mulai tercium bau - bau eh harum - harum deng, romansanya, euh co cwit. Nantinya Jin Hong (Lee Jae Yeon, oppaku yang jadi dokter di Bok Jo itu loh) akan menjadi dokter yang membantu Sojin dalam banyak hal.

Sinematografi Drama Mother ini bagus banget, karena Sojin adalah peneliti burung dan Hyena yang terkesan dan ingin terbang bebas seperti burung,jadi pada beberapa scene dimunculkan adegan burung yang bermigrasi dengan bantuan langit kelam yang menambah suasana haru dalam drama ini.

Backsound juga oke, mengingat ini mellowdrama dengan tema keluarga, kayaknya pas aja deh kalau gak ada OST di saat - saat yang menyentuh, cuma pakai instrument yang mungkin dari ost itu sendiri, dan itu mendukung banget.

Perspektif dalam Mother juga amat sangat bagus, dimana pada beberapa part di episode kita diajak membenci atau menyukai atau memahami sesuatu dengan sudut pandang Hyena si anak kecil dan bebrapa part lain kita diajak berselancar dengan memahami sisi Sojin, bahkan nanti ada episode yang membiarkan kita terenyuh dengan side nya Jayoung (ibu Hyena). Pokoknya di drama ini kita gak bakal di tuntut oleh sutradara untuk membela atau menghakimi satu karakter, tapi kita bakal diajak untuk memahami sesuatu dengan berbagai sudut pandang, anak kecil, orang tua, orang yang bahagia dan orang yang tersakiti. Pokoknya ini mindblowning banget deh! WORTH to Watch.


Kurangnya apa ya, sejauh ini gak di temuka plot hole dan kecacatan, gak ada bagian yang kurang aku suka, karena di tiap episode itu gak pernah bikin bosen. Oiya, mungkin, komedinya kurang aja, coba di tambah di tiap episode itu satu, pasti bakal seru, ada sih ada sentilan humornya dan humornya gak garing sumpah haha, tapi enaknya per episode satu gitu, soalnya ada yang satu episode hampir tiap menit pindah scene nangis terus aing , bengkak mata deh.

Karakter Hyena atau Yoonbok itu beneran anak kecil yang dewasa banget, kayaknya kalau anak kecil yang lain di tempatkan di posisi dia, jua bakal merasakan dan melakukan hal yang sama. Dia pretend to be always okay dan menyembunyikan bahkan rasa takut dia. Ini cukup masuk akal mengingat ibunya tidak suka dia nangis.

Kang Sojin pun punya kekuatan pada karakternya, ia begitu berani dan cenderung memperkirakan sesuatu sebelum itu terjadi, ini peran yang cocok banget buat Lee Boyoung, dia nyimpan emosi jujur dia dengan emosi dinginnya. Ditambah pakai rambut pendek yang negasin banget kalau dia gak peduli tentang cantik - cantikan, eh tapi tetep cantik. Pantes Jisung Ajusshi klepek - klepek orang cantik banget gitu, udah 39 berasa 29 haha.

Karakter yang paling aku suka di sini adalah Jin Hong uisa, dia punya sifat dan pegang teguh prinsipnya sebagai dokter, dia juga pintar membangun suasana romansa dewasa yang gak perlu pakai kata - kata super macam Dilan. hehe piss. Terlepas dari dia adalah oppa ganteng aku loh yaa.


Shin Ja Young di sini berperan sebagai hmm apaya, menurut aku karakternya bukan ke antagonis bukan juga ke protagonis, lebih kayak kurang kasih sayang dan agak pabo gitu. Dia itu seseorang yang cuma pengen di cintai sama seorang laki - laki, walau perbuatannya gak bisa dibenarkan, tapi, ketakutannya akan ditinggalkan itu loh, bikin kita ngerri kalau semua orang juga mau merasakan kasih sayang, yang tulus.

Di setiap drama pengejaran begini, selalu ada detektif dan polisi yang gencar banget jalanin kasusnya, selalu ada. Kadang agak jengkel juga sih ya haha, biarin aja gitu kasusnya gak usah digubris. Tapi ya, yang namanya salah tetap salah kan walaupun baik?

Ada juga pacarnya Shin Jayoung yang perannya udah pasti psyco. Kesel banget bawaannya, walaupun ganteng. Yahh yang berarti dia (Son Seok Koo) berhasil dong meranin peran Seol Ak, yang kalau denger siulannya bawaanku merinding hii.

Satu lagi favorti aku, Hyunjin yang diperankan oleh Ko Bogyeol (yang jadi ketua kelasnya Dokkaebi shimbu), dia karakternya polos dan jujur, reporter yang harusnya ada di dunia nyata. Juga Ajushi Jaebom yang diperankan oleh Lee Jungyeol, dia setia dan penuh tanggung jawab banget menghadapi Ibunya Sojin, Hyunjin, Yijin dan bahkan Sojin ikutan ngerepotin dia juga haha, tapi namanya tangan kanan ya?

Ost dramanya juga bagus, tapi agak bosenin sih haha, mellow banget soalnya. Ini drama, adalah Drama terbaik paruh pertama 2018 ini buat aku, amanat, peran yang membekas, semuanya bagus banget dan cocok banget di tonton sama keluarga, sendirian juga gak papa haha. Pokoknya ini harus banget, wajib banget kalian tonton!

Rating 4,7 out of 5


Rabu, 21 Februari 2018

Februari 21, 2018

[DRAMA KOREA] IM NOT A ROBOT (๋กœ๋ด‡์ด ์•„๋‹ˆ์•ผ) REVIEW

AJI 3, ROBOT YANG BERHASIL BIKIN JATUH CINTA (☆´3`)

PROFILE DRAMA

  • Drama: I'm Not A Robot
  • Revised romanization: Roboti Aniya
  • Hangul: ๋กœ๋ด‡์ด ์•„๋‹ˆ์•ผ
  • Director: Jung Dae-Yoon
  • Writer: Kim Seon-Mi
  • Network: MBC
  • Episodes: 32
  • Release Date: December 6, 2017 - January 25, 2018
  • Runtime: Wednesdays & Thursdays 22:00 (35 minutes each / 2 episodes per day)
  • Language: Korean
  • Country: South Korea

REVIEWNYA MRS KANG

Drama sci-fi kayaknya lagi menjamur di awal tahun 2018 ini ya, dan dari beberapa sci-fi, INaR adalah satu satunya yang menyuguhkan konten sederhana dan tidak rumit. Inilah yang membuat daya tariknya kuat, apalagi Lead male rolenya Yoo Seung ho yang dalam tahun ini sudah bermain dengan Kim Sohyun dalam Drama Ruler:Master of the Mask. Di sini Seungho dipasangkan dengan Chae Soobin, yang super duper cantik, pertama kali lihat dia di drama Cheer Up! nya Jung Eunji.
Sejak awal episode, drama ini memang memberikan kesan 'menyenangkan,' plotnya tidak berantakan dan sangat mulus. Kebetulannya benar - benar tidak dipaksakan.
I'm Not A Robot menceritakan tentang Kim Minkyu, yang hampir sempurna, karena ia tampan, pemilik sebuah perusahaan besar, Cerdas dan tidak mempunyai keluarga (kebayangkan gimana kalau kawin sama orang kayak gini >.< unch), namun Minkyu mempunyai sebuah alergi yang jarang sekali terjadi pada manusia, yaitu alergi terhadap kontak langsung dengan manusia.
Suatu hari seorang profesor jenius berhasil membuat robot yang hampir sama persis seperti manusia, namun ia memakai wajah mantan pacarnya untuk wajah robot itu. Namun Profesor Hong Baek Gyun (diperankan oleh Uhm Ki Joon, yang dulu jadi seonsaeng di drama Dream High itu loh), terbatas dana tetapi ia sudah mengeker Minkyu selaku pemilik KM Financial untuk menjadi investornya.
Karena kesalahan yang dibuat oleh Hoktal anggota tim Santa Maria (nama tim prof Hong) Aji 3 rusak, padahal Kim Minkyu ingin mengujinya dalam tenggat waktu 3 hari. Teringat wajah Aji 3 dibuat berdasarkan wajah Jo Ji A (Chae Soobin) para anggota tim Santa Maria (Pai, Ssanip dan Hoktal) meminta Prof Hong membujuk JiA agar mau menggantikan posisi Aji 3 dengan imbalan sebesar 10.000 dolar.
00188761
 Di situlah plot yang memperlihatkan kalau kebetulannya benar-benar masuk akal dan tidak dipaksakan,.

Jo JiA adalah seorang wirausahawan yang ingin sekali membuat start up nya berhasil, namun kendala dengan modal, akhirnya ia memiliki waktu yang sulit untuk mengembangkan barang ciptaanya, yaitu lampu hati. Ditambah kakaknya yang sangat tidak setuju kalau adik perempuannya itu melakukan bisnis.
Awalnya Presdir Jo menolak tawaran dari Profesor Hong, namun, setelah pertengkarannya dengan kakaknya, Jo Jinbae, Jia memutuskan untuk menerima tawaran menjadi pekerja part time yang mengharuskannya menjadi Aji 3. Nah, karena kecerobohan inilah akhirnya Jia menjadi Aji3.
Sebab Minkyu selalu bersama Aji 3 dan melatihnya, hubungan mereka semakin rumit karena Minkyu percaya kalau ia jatuh cinta pada sebuah robot.
Dan, dan, dan, bagi yang pernah nonton Let's Fight Ghost, Tunnel, atau Bok Jo pasti bakal pangling atau bilang apaan nih dengan karakternya Hwang Yoocheol yang perankan oleh Kang Ki-Young, Soalnya di drama yang pernah aku tonton ada dianya, Ya Allah perannya selalu kocak dan gak mertabat, gak ada karismanya, dan di sini jadi berkarisma gitu :( Tapi ajaib juga tuh Oppa yak, bisa jadi ganteng bermartabat gitu wkwk salut sama aktingnya.
Semua komponennya sudah pas dan rapi, hanya saja teori tentang masa lalu dan penyakit Kim Minkyu kurang greget aja, emang enggak dipaksakan sih, tapi semacam terlalu "hah gitu aja?" Jadi ada kurangnya gitu dibagian masa lalunya si Minkyu. Hal ini cukup berdampak juga sih menurut gue. Berdampak buat kita mengenali karakter dan masuk ke dalamnya. Al hasil, pas ada scene yang seharusnya kita menangis jadi gak bisa nangis, karena belum paham dengan karakter dan perasaannya si Minkyu. But, seriously this drama is worth to watch banget. Gak ada yang perlu dicemaskan soal akting para pemainnya, karena sudah terjamin dan gak akan mengganggu cerita. 
Pembuatan & perkembangan karakter dalam drama ini memberikan pesona dan keunikannya sendiri, kalau saja pembuatan karakternya ada kecacatan mungkin I'm not a robot bakal jadi drama membosankan, tapi, semua karakternya dibuat realistis dan gak maksa. Dan gak ada perubahan yang terlalu signifikan hingga tidak melupakan sifat asli tokoh - tokohnya yang mengalami perkembangan karakter.
Pemilihan kata - kata saintisnya juga cukup mudah untuk dimengerti. Dan kekuatan terbesar INAR adalah dialognya yang bersifat ambiguitas dan artinya sangat luas, sehingga penempatan dialog pada situasi canggung seklipun tetap kelihatan natural. Hebat!
Sesuai pepatah Kangreview : Drama yang bagus akan menghasilakn OST yang bagus pula.
Semua OSTnya menyentuhdan enak banget di dengerin, walaupun tidak menggaet penyanyi terkenal macam Lyn atau Davichi, tapi excellent lah.
Drama ini ringan dan bisa jadi list drama yang hatus kamu tonton selanjutnya. Drama Ro-co dipadukan dengan Sci-fi, keren banget deh! Selamat Menonton.
OST(╭☞'ฯ‰')╭☞ YOUTUBE SPOTIFY

Replayable? Yes! Actually 3,5 out of 5
And For Overall dramas 4/5

bintang 4

 

Februari 21, 2018

[DRAMA KOREA] A KOREAN ODDISEY ( ํ™”์œ ๊ธฐ ) REVIEW

JANGAN PERGI, ITU MENYAKITIKU, KARENA AKU MENCINTAIMU - SON OH GONG

PROFILE

Drama: A Korean Odyssey
Revised romanization: Hwayuki
Hangul: ํ™”์œ ๊ธฐ
Director: Park Hong-Kyun, Kim Jung-Hyun, Kim Byung-Soo
Writer: Hong Jung-Eun, Hong Mi-Ran
Network: tvN
Episodes: 20
Release Date: December 23, 2017 - March 4, 2018
Runtime: Sat. & Sun. 21:00
Language: Korean
Country: South Korea

SINOPSIS SINGKAT

Son Oh Gong (Lee Seung Gi) dan Wooma Wang (Cha Seung Woon) terlibat konflik satu sama lain, lalu Jin Sunmi kecil yang polos membebaskan Son-o-gong dengan syarat harus melindunginya. Sayangnya setelah bertahun - tahun, Son Oh Gong tak kunjung datang.
Karena Ma Wang memasangkan Geumgangdo, Oh Gong dan Jin Sunmi (Oh Yeon Seo) bersama - sama dalam misi menghancurkan roh jahat untuk membantu Ma Wang menjadi Dewa.

REVIEWNYA CHERRY

Di dua episode pertama Hwayuki, yang aku rasakan adalah, berkesan. Oke, walau banyak yang bilang ini adalah 'Goblin cheap version' kayaknya gak sepenuhnya benar deh. Sejak Goblin sukses, drama dengan tema fantasi dan hidup abadi makin menjamur, contohnya The Bride of water God, Black, terus yang baru - baru ini Black Knight, walau secara alur dan plot memang tidak ada kesamaan, tapi contoh tadi membuktikan kalau kesuksesan Goblin mengangkat tema yang fresh bisa dibilang sukses.

Balik lagi ke Hwayuki, walau ada beberapa kemiripan (kalau mau di mirip - miripkan), tapi tidak mengganggu kita sebagai penonton, terlepas dari Hwayuki adalah adaptasi novel cina Journey to The West atau Kera Sakti, yang aku walau nonton itu dari kecil gak pernah tau juga jalan ceritanya gimana hehe.

Jin Seonmi adalah seorang anak kecil yang bisa melihat iblis jahat, namun, diperjalanannya pulang dari sekolah, ia bertemu dengan Ma Wang (Wang itu artinya Raja), Ma Wang bertanya pada Seonmi apakah ia bisa melihat iblis dan saat Seonmi bilang iya, Ma Wang menjawab. "Haepkye (Kau lulus)," dari awal ini kata - kata terngiang di otak saia terus loh haha.

Terkait-Isu-Cha-Seung-Won-Berhenti-Syuting-Drama-‘Hwayuki%u2019-Staf-Produksi-Angkat-Bicara.

Diperjalanaan Seonmi pulang sekolah, ia melakukan kesalahan besar hingga ia dikutuk menjadi Samjang. Seonmi(samjang) memiliki kesepakatan dengan Son Oh Gong, di sini aura aura romasanya udah mulai kecium, dan menurut aku walau ada 'kesamaan' tapi yang Hwayuki memberi bumbu baru dalam cara menyampaikan keromntisannya.

Di dua episode pertama, berasa banget kalau ini adalah episode perkenalan, ditekankan lagi, berasa banget, jadi bukan kayak Goblin-lagi,yang di dua episode pertama kita masih mengernyitkan dahi, tapi di Hwayuki kita bakal udah paham dengan karakter masing - masing, walau beberapa karakter diperkenalkan di episode 3-4.

Warning, buat kalian yang gak terlalu suka dengan setan - setanan, kayaknya jangan nonton malam - malam deh, soalnya setannya pada ngeri cuy, bener deh, apa lagi buat aku yang gak suka setan Asia, tapi tetap malam juga sih di jabanin hehe.

hwayugi1-00027

Dan Hwayuki mulai jadi lebih mengesankan ketika episode 3 dan 4 nya di tayangkan, ada kasus baru yang membuat kita terenyuh dan baper, Yaitu Geumgangdo. Benda ini nantinya membawa pengaruh besar dalam kehiduapan keduanya.

Oke, aku ngoceh panjang lebar bangetnya di plot wkwk, iya, soalnya plotnya susah di deskripsikan dengan 100 kata doang, walau ada sedikit spoiler, tenang, tidak akan menggangu fokus kamu kok.
Sinematrogafi Hwayuki sempat jadi perbicangan warga net, karena tali penyangga buat terbangnya kelihatan dan penggunaan editing green roomnya masih kelihatan. Iya emang iya sih, edittingnya masih kurang bagus di banding sbs atau kbs, ada beberapa editting yang berasa banget.

Untuk pemain, Wah, drama comebacknya Lee Seung Gi, asiknya dia dipasangkan lagi dengan Cha Seung Won (dulu di drama You're All Surrounded), Bromancenya asik banget, dengan karakter mereka dan perselisihan hebat antara keduanya tapi masih bisa saling perhatian oo co cwit, dan suasana tegang juga bisa di selamatkan sama karakter Ajushi Jang Gwang yang berperan sebagai Yoon Daeshik siluman ikan sapu - sapu, bikin Bromancenya tambah hidup.

Untungnya lagi, lead female-rolenya adalah Oh Yeon Seo, yang cantiknya pas banget buat menemani Oppa Seung Gi, juga pas banget kalau akting kalem gini (padahal sebelumnya di Comeback Mister kocak abis wkwk). Juga banyak yang bilang Yeonseo kurang cocok sama peran Samjang eh tapi enggak lah, senior dekade dua inivmah, jadi gak usah di perbincangib lagi deh masalah akting dan penghayatannya, dapat.

hwayugi-lee-hongki1

Ada lagi karakter yang super unyu, tapi aku kurang mengerti, adalah untuk apa karakter Lee Hongki? Kenapa ia ada di poster padahal karakternya kurang membantu ataupun mengacau. Sampai pertengahan episode pun, Siluman babi yang merupakan artis terkenal inipun masih tidak banyak pengaruhnya. Jadi aku berfikir mungkin cuma hiasan di poster biar bertabur bintang gitu. 

Nanti juga bakal ada karakter Buja, mayat hidup yang mati - matian pengen di lindungi PK (Lee Hong Ki), dan karakter mereka berdua ini cuma jadi apa ya, penghibur gitu menurut aku, walau sedikit demi sedikit membuka rahasia masa lalu, tetap aja pengaruh mereka masih kurang. Walau begitu, mereka cukup ambil andil dalam sisi hiburan Hwayuki, dan karakter mereka juga gak tenggelam kok.

Romance antara Samjang (Oh Yeon Seo) dan Son Oh Gong, dapat, oke, ini chemistry mereka masih belum bisa mengalahkan pasangan (Lee Seung Gi-Shin Minah di drama My Girlfriend is a Gumiho) walau gitu, akting mereka berhasil bikin kita baper, apalagi kalau Oh Gong lagi cemburu atau sakit hati haha. Dua - duanya seperti hidup enggan mati tak mau gitu loh, tarik ulur dan gengsi - gengsian.

hwayugi3-00749

Asiknya Hwayuki, drama bertabur bintang ini, nanti ada mas Jang Geun Seuk sebagai cameo, sebentar banget sih sebenarnya, tapi bikin ini drama tambah konyol wkwk. Ada juga Yeunjeung (ex-ioi & member wjsn) nge-cameo, hehe lucu deh Yeunjeung akuh. Juga ada peran Alice yang dimaikan sama Yoon Bora(ex-SISTAR) nah loh, awalnya aku juga gak ngeh eh ternyata. Dan yang pengen lihat aktinnya Lee El lebih lama lagi, nah, disini dia berperan sebagai siluman anjing yang setia, dia jadi sekretarisnya Ma Wang. Jangan lypa pangeran es di kasih sorot, great actor hope to see him in more dramas, who's with me?

Ma wang penghidup utama suasana Hwayuki, gak nanggung - nanggung dia bikin mimik macam siluman kesakitan beneran. Cara bicaranya juga unik dan nempel banget. Pokoknya karakter Ma Wang kuat lah, sayangnya masa lalu Ma Wang kurang di sorot padahalkan abdi penasaran euy:(

Tapi, Hwayuki gak ngajak kalian main tebak - tebakan loh, gausah sok jadi cenayang ya ngeramal kejadian ini itu, karena jatuhnya bakal unpreductable banget. Ngingetin aja hehe.

Overall, semuanya bagus dari Setting, Plot dan alur, pemain dan yang paling penting OST.
Oh iya OST Part-1 nya dinyanyikan sama NUEST W (waaa seneng pisan abdi, Suara Akang Baekho enak banget di denger, beat yang easy listening banget). Beneran asik banget lagunya asli. "Let me out, why dont you let me go~"

Apakah Drama ini sukses? Ya ini drama sukses, ratingnya aja mengalahkan Reply 1988 dan Goblin. Karena bisa dibilang alurnya beneran mulus walau plotnya gak baru, Bertabur bintang juga aspek ya, dan emang asik, bawaannya asik dan nagihin.

Replayable? Not Really, 3 out of 5 buat masalah Replyable atau enggak. Soalnya per episode dari 1-6 an gitu 1,5 sampai 2 jam, kebayang mau nge-reply? Dan juga karena ini drama penuh dengan ke-gereget-an, kalau di tonton ulang, daya tariknya udah hilang, gitu.

Jadi, ini drama cukup rekomended, silahkan masukkan dalam list drama yang akan di tonton selanjutnya, karena ceritanya ringan, menghibur dan baper juga horor, hehe piss.

Rating : 3,5 / 5


 

Selasa, 20 Februari 2018

Februari 20, 2018

[DRAMA KOREA] BECAUSE THIS IS MY FIRST LIFE (์ด๋ฒˆ ์ƒ์€ ์ฒ˜์Œ์ด๋ผ) REVIEW

MANISNYA KEHIDUPAN KAWIN KONTRAK ALA NAM SE HEE DAN YOON JI HO (*~▽~)

PROFILE DRAMA

  • Drama: Because This Is My First Life / This Life Is Our First (literal title)
  • Revised romanization: Yibun Saengeun Cheoeumira
  • Hangul: ์ด๋ฒˆ ์ƒ์€ ์ฒ˜์Œ์ด๋ผ
  • Director: Park Joon-Hwa
  • Writer: Yoon Nan-Joong
  • Network: tvN
  • Episodes: 16
  • Release Date: October 9 - November 28, 2017
  • Runtime: Mondays & Tuesdays 21:30
  • Language: Korean
  • Country: South Korea

SINOPSIS SINGKAT

Nam Se-Hee (Lee Min-Ki) seorang pria single berusia 30an awal. Dia sudah memilih untuk tidak menikah. Dia memiliki rumah sendiri tapi dia memiliki banyak hipotesis di pikirannya.
Yoon Ji-Ho (Jung So-Min) wanita single berusia 30an awal. Dia tidak memiliki rumah dan selalu iri dengan orang yang mempunyainya. Dia sudah menyerah untuk pacaran selama berjuang dalam keuangannya.
Yoon Ji Ho dan Nam Se Hee akhirnya dipertemukan dan tinggal di satu atap yang sama. Hubungan mereka saling terjalin seiring berjalannya waktu. Bagaimana kisah cinta mereka berdua ?


REVIEWNYA MRS KANG

BTIMFL adalah drama TvN ber genre ro-co yang akhirnya berhasil masuk daftar Drama Favorit aku. Menurut gue sutradara drama ini berani banget ambil resiko dengan mengambil cast yang agak 'kurang' menarik perhatian penonton. Tapi kayaknya keberaniannya mengambil Lee Minki dan Esom yang udah lama banget gak pernah nongol lagi di dunia per-dramaan sejak 2012 lalu, menurut gue terbayarkan dengan akting mereka yang natural dan sangat jauh dari kata mengecewakan.
Februari 20, 2018

5 Tipe Pemilih Drama

Pertama - tama, aku mau kenalan dulu sama calon readers Cherry Ngobrol. Aku adalah onni 100% dan bukan akang - akang. Karena hobi nontonin drama Korea dan Film dari masih dalam kandungan, jadi gue memutuskan untuk ngobrol online seputar drama korea, film dan baru - baru ini lagi suka nge-webtoon, jadi sekalian webtoon juga

InsyaAllah bahasanya bakal sedikit agak kaku, tapi tetep friendly dan readable kok.
Tapi, Cherry nge-Review gak bakal nyediakan link download dalam bentuk apapun. Kalian cari aja sendiri ya hehe. (psstt, biasanya aku download drama di dramakoreaindo)

Di postingan debut ini, Aku bakal membahas 5 Tipe orang kalau mau nonton drama, cek bebi cek.


1. Tipe Karena Ada Bias / Lihat Cast

Selasa, 16 Januari 2018

Januari 16, 2018

[WEBTOON] STALKER Review

STALKER YANG TELAH MENGINCARMU SELAMA 6 TAHUN, AKAN MENCERITAKAN SESUATU...

Jadwal terbit : Tamat
Penulis : Danwoo
Genre : Thriller



Aku bingung, kenapa webtoon ini dimasukkan dalam genre Thriller, atau mungkin karena penulisnya yang emang bergelut dalam dunia thrill? Bisa sih karena Danwoo juga menerbitkan komik dengan tema thrill sehabis stalker ini. Jujur, ini gak ada sisi thrillernya sama sekali.
Okay, mari kita mulai!

REVIEWNYA CHERRY

Stalker, aku ngikutin komik ini dari awal penerbitannya, untuk tiga episode pertama, beneran bikin penasaran dan gregetan. Dan Webtoon ini juga sempat jadi hot issue aku dengan kawan - kawan sebangsaku, tapi udah mulai ke sini kita jadi malah tambah malas diskusiin.
Sang Stalker, adalah pria dengan wajah yang yaaa jelek, dan mengintai perempuan yang ia sukai selama enam tahun.

Walaupun si wanita ini sudah menikah dan mempunyai anak, dia tetap menyukai si wanita.
Suatu hari, ia melihat penculikan Henny (nama anak perempuan yang disukainya), dan berusaha mencari henny dengan mengirimkan pesan singkat.
Dari situlah ia di curigai sebagai penculik dan jadi buronan.
Hmm, di ekspetasiku, kalau ada kata Thrill harusnya ada pembunuhan atau paling enggak menegangkan. Kayak Bastard. Tapi Stalker tidak.

Malah kita dibikin kasihan dengan karakter utamanya. Bukan penasaran, kita malah dibawa jadi geregetan. Jadi malah kayak melenceng dari genre.
Untuk alur, yah, mulus aja, bagus dan kita gak main tebak - tebakan disini. Alurnya biasa. Dan Tema yang diangkat dari permasalahan setiap karakter itu klise, jadi gak ada yang istimewa pas kita baca, kecuali tentang stalkingnya tadi.

Segi penggambaran, oke, tipikal aku banget gambarnya gak terlalu detil dan mulus, dan nuansanya emang dark thrill gitu walau gaya penggambaran gak se-dark Kimcarnby / Youngchan Hwang komikusnya Bastard. Tapi tetap enak dilihat kok.

Karakternya lemah, semua karakternya tidak ada yang menonjol yang membuat kita jadi ingat, atau geregetan, atau pengen di pacarin.
Pembawaannya datar walau kadang bisa bikin marah sih. Ya sebatas itu aja.

Dan kenapa karakter utamanya dibikin baik? Kenapa gak jahat aja sekalian atau psikopat. Kalau genrenya drama ya relate aja dan sah - sah aja dengan karakter yang seperti itu, tapi kalau untuk genre thriller kayaknya kurang pas deh.

Happy Ending is the worst thrill theme ending, buat aku gitu sih, sayangnya stalker happy ending :(

Amanat dari komik ini, bagus sih, bagus banget malaham, mungkin komikusnya mau kasih pesan aja di komik ini, Dan panjang episodenya cuma 38. Kalau mau nengokin drama ini, boleh lah, soalnya per chapter juga gak terlalu panjang. Dua jam selesai kok. Gak terlalu buruk juga buat di baca.

Rating buat Stalker : 2 out of 5

Selasa, 02 Januari 2018

Januari 02, 2018

[LYRIC] MoonMoon – Marriage – ๊ฒฐํ˜ผ (Ost. Because This Is My First Life) [Han/Rom/Eng]



Album: Because This Is My First Life (์ด๋ฒˆ ์ƒ์€ ์ฒ˜์Œ์ด๋ผ) OST Part 4 (tvN ์›”ํ™”๋“œ๋ผ๋งˆ)
Lyrics: ๋ฌธ๋ฌธ(MoonMoon)
Composition: ๋ฌธ๋ฌธ(MoonMoon)
Arrangement: ๋ฌธ๋ฌธ(MoonMoon)
Release date: 2017.10.24
Artist : MoonMoon (๋ฌธ๋ฌธ)
Title : Marriage (๊ฒฐํ˜ผ)
 
๊ฒฐํ˜ผ์— ๋Œ€ํ•˜์—ฌ
Gyeolhone daehayeo
์˜ˆ์œ ๋‹จ์–ด๋ฅผ ๊ณจ๋ผ
Yeppeun daneoreul golla
์˜ˆ์œ ์นญ์ฐฌ์„ ํ•˜๊ณ 
Yeppeum chingchaneul hago
์˜ˆ์œ ๋ฐค์„ ๋งŒ๋“ค ๊ฒƒ
Yeppeun bameul mandeul geot
๊ฒฐํ˜ผ์— ๋Œ€ํ•˜์—ฌ
Gyeolhone daehayeo
์ข‹์€ ์‚ฌ๋žŒ์„ ๋งŒ๋‚˜
Joeun sarameul manna
์ข‹์€ ์‚ฌ๋ž‘์„ ํ•˜๊ณ 
Joeun sarangeul hago
์ข‹์€ ์ง‘์„ ๊ฐ–๋Š” ๊ฒƒ
Joeun jibeul gatneun geot
๋‚˜ ๊ทธ๊ฒŒ ์–ด๋ ค์›Œ ํ˜ผ์ž
Na geuge eoryeowo honja
TV๋ฅผ ํŠธ๋‚˜๋ด ํŽธํ•œ
TVreul teunabwa pyeonhan
์˜ท์„ ์ž…๊ณ  ๋‚˜๊ฐ€ ๋…ํ•œ
Oseul ipgo naga dokhan
์†Œ์ฃผ๋ฅผ ์‚ฌ๋‚˜๋ด ํ˜ผ์ž
Sojureul sanabwa honja
๋‚จ์‚ฐ์— ๊ฐ€๋‚˜๋ด ํ˜ผ์ž
Namsane ganabwa honja
ํ•œ๊ฐ•์„ ๊ฑท๋‚˜๋ด ํ˜ผ์ž
Hangangeul geotnabwa honja
์ €๋…์„ ๋จน๋‚˜๋ด ๋ญ”๊ฐ€
Jeonyeogeul meoknabwa mwonga
๋‹ค ์–ด๋ ค์šฐ๋‹ˆ๊นŒ
Da eoryeounikka
์“ฐ๋‹ค ๋‚จ์€ ์œ„๋กœ๋ผ๋ฉด ๊ทธ๋ƒฅ ์ง€๋‚˜๊ฐ€๋„ ๋ผ
Sseuda nameun wiroramyeon geunyang jinagado dwae
์‚ฌ๋ž‘์—†์ด ์‚ฌ๋Š” ๊ฒƒ๋„ ๋“ค๋จน์ด์ง„ ๋ง์•„์ค˜
Sarangeopsi saneun geotdo deulmeogijin marajwo
๋‚˜๋ฅผ ๋ณด๋ฉด ์ง€๊ธˆ๋ณด๋‹ค ์šธ๋จน์ด์ง€ ๋ง๋„๋ก
Nareul bomyeon jigeumboda ulmeogiji maldorok
ํ˜ผ์ž ๋จน๋Š” ์ €๋…๋ง๊ณ 
Honja meokneun jeonyeokmalgo
์‚ฌ๋ž‘ ๊ทธ ๋„ˆ๋จธ์— ๊ด€ํ•˜์—ฌ
Sarang geu neomeoe gwanhayeo
๊ฐ€๋” ๋‚˜์œ ์–ผ๊ตด์— ๊ฐ์ง„ ๋‹จ์–ด๋ฅผ ๊ณจ๋ผ
Gakkeum nappeun eolgure gakjin daneoreul golla
์•„ํ”„๊ฒŒ ๋งํ•˜๊ณ 
Apeuge malhago
๋‚จ์ด ๋˜์ž–์•„์š”
Nami doejanhayo
๋‚ด ๋งˆ์Œ์€ ๊ทธ๋ž˜
Nae maeumeun geurae
๋‚˜ ๊ทธ๊ฒŒ ๋‘๋ ค์›Œ
Na geuge duryeowo
๋‚˜ ๊ทธ๊ฒŒ ์–ด๋ ค์›Œ
Na geuge eoryeowo
TV๋‚˜ ๋ณด๋Š” ์ค‘
TVna boneun jung
TV๋‚˜ ๋ณด๋Š” ์ค‘
TVna boneun jung
TV๋‚˜ ๋ณด๋Š” ์ค‘
TVna boneun jung
TRANSLATION
Marriage is about
Picking pretty words
Saying pretty compliments
And making a pretty night
Marriage is about
Meeting a good person
Having a good love
And buying a good house
But that’s hard for me
So I’m just turning on the TV by myself
Going outside in comfortable clothes
Buying strong alcohol by myself
So I’m going to Namsan by myself
I’m walking along Han River by myself
I’m eating dinner because
It’s all too hard
If you only have used up words of comfort, you can just pass by
Don’t criticize me for living without love
Don’t feel bad for me right now
Except when I eat dinner alone
About love and what’s after that
Sometimes, you make bad faces and pointy words
Saying hurtful things
Then you become strangers
So this is how I feel
I’m afraid of that
That’s hard for me
So I’m just watching TV
So I’m just watching TV
So I’m just watching TV


Rom: cherryngobrol
Korean: music naver
English: popgasa
Januari 02, 2018

[LYRIC] Ben (๋ฒค) – Can’t Go (๊ฐˆ ์ˆ˜๊ฐ€ ์—†์–ด) [Because This is My First Life OST] HAN/ROM/ENG




Album: Because This Is My First Life (์ด๋ฒˆ ์ƒ์€ ์ฒ˜์Œ์ด๋ผ) OST Part 8 (tvN ์›”ํ™”๋“œ๋ผ๋งˆ)
Lyrics: ๋งฅ์ผˆ๋ฆฌ, MYJ
Composition: ๋งฅ์ผˆ๋ฆฌ
Arrangement: ๋งฅ์ผˆ๋ฆฌ
Release date: 2017.11.21


HANGUL/ROMANIZATION

๋ฐฉ ์•ˆ์„ ํ•œ ๊ฐ€๋“
Bang aneul han gadeuk
์ฑ„์›Œ๋†จ์—ˆ๋˜ ๊ฟˆ๋“ค์ด
Chaewonasseotdeon kkumdeuri

ํ•œ ์žฅ์”ฉ ์˜๋ฏธ๋ฅผ ์žƒ์–ด๊ฐ€์„œ
Han jangssik euimireul irheogaseo
๋ฐ”๋ž˜์กŒ์–ด
Baraejyeosseo

์ง€๋‚œ ๋‚ ์„ ๋นผ๊ณกํ•˜๊ฒŒ ์ ์–ด๋†“์€
Jinan nareul ppaegokhage jeogeonoheun
์ž‘์€ ์ข…์ด๋“ค์— ์ด์ œ๋Š”
Jageun jongideure ijeneun
๋ฉํ•ด์ง€๊ธฐ๋„ ํ•ด
Meonghaejigido hae

๋‹ค๋ฅธ ๋‚ด์ผ๋“ค์„ ๋ฐ”๋ผ๋ณด๋Š” ์ผ์ด
Dareun naeildeureul baraboneun iri

๋ง์ฒ˜๋Ÿผ ์‰ฝ์ง€ ์•Š์•„์„œ
Malcheoreom swipji anhaseo

์† ๋Œˆ ์ˆ˜๋„ ์—†์–ด
Son dael sudo eobseo

์˜ค๋Š˜์ฒ˜๋Ÿผ ํ•˜๋ฃจ๋ฅผ ์ฐธ์•„๋„
Oneul cheoreom harureul chamado

์ž๊พธ ๋˜๋Œ์•„์˜ค๋Š” ๋งค์ผ์„ ์‚ด๊ณ 
Jakku dwidoraoneun maeireul salgo

๋ฐ”๋ณด๊ฐ™์€ ์ผ์„ ๋ฐ˜๋ณตํ•˜๊ณ 
Babogatheun ireul banbokhago

ํ˜ผ์ž ๋˜ ํ•œ ์ผ ์— ์„œ์„œ
Honja tto han khyeone seoseo

์ •๋ง ํ˜น์‹œ๋‚˜ ๋‚ด์ผ์€ ๋‹ค๋ฅผ๊นŒ๋ด
Jeongmal hoksina naeireun dareulkkabwa

ํ•œ ๊ฑธ์Œ๋„ ๊ฐˆ ์ˆ˜๊ฐ€ ์—†์–ด
Han georeumdo gal suga eobseo

์–ธ์  ๊ฐ€ ์จ๋†“์€
Eonjenga sseonoheun

์ด๋ฃจ๋ ค๋˜ ๋ฏธ๋ž˜๋“ค์ด
Iruryeodeon miraedeuri

์•„์ง์€ ๊ทธ ์‹œ๊ฐ„์— ๋จธ๋ฌผ๋Ÿฌ ๋ฉˆ์ถฐ์žˆ์–ด
Ajigeun geu sigane meomulleo meomchwoisseo

๊ฐ€๋”์”ฉ์€ ์–ด๋ ธ๋˜ ๋‚ ์ด ๊ทธ๋ฆฌ์›Œ
Gakkeumssigeun eoryeotdeon geuriwo

๋‹ค์‹œ ๊ทธ ๋‚  ์•ž์— ๋‹ฟ์œผ๋ฉด
Dasi geu na aphe daheumyeon

์›ƒ์„ ์ˆ˜ ์žˆ์„๊นŒ๋ด
Useul su isseulkkabwa

๊ฐ™์€ ์‹œ๊ฐ„๋“ค์„ ๋ฐ˜๋ณตํ•˜๋Š” ์ผ์ด
Gatheun sigandeureul banbokhaneun iri

์–ด๋Š์ƒˆ ์ต์ˆ™ํ•ด์ ธ์„œ
Eoneusae iksokhaejyeoseo

๊ทธ๋ ‡๊ฒŒ ์ง€๋‚˜๊ฐ€๊ณ  ์žˆ์–ด
Geureohke jinagago isseo

์˜ค๋Š˜์ฒ˜๋Ÿผ ํ•˜๋ฃจ๋ฅผ ์ฐธ์•„๋„
Oneul cheoreom harureul chamado

์ž๊พธ ๋˜๋Œ์•„์˜ค๋Š” ๋งค์ผ์„ ์‚ด๊ณ 
Jakku dwidoraoneun maeireul salgo

๋ฐ”๋ณด๊ฐ™์€ ์ผ์„ ๋ฐ˜๋ณตํ•˜๊ณ 
Babogatheun ireul banbokhago

ํ˜ผ์ž ๋˜ ํ•œ ์ผ ์— ์„œ์„œ
Honja tto han khyeone seoseo

์ •๋ง ํ˜น์‹œ๋‚˜ ๋‚ด์ผ์€ ๋‹ค๋ฅผ๊นŒ๋ด
Jeongmal hoksina naeireun dareulkkabwa

ํ•œ ๊ฑธ์Œ๋„ ๊ฐˆ ์ˆ˜๊ฐ€ ์—†์–ด
Han georeumdo gal suga eobseo

์ž ์‹œ๋ผ๋„ ๊ดœ์ฐฎ์„ ๋‚˜๋ฅผ ๊ทธ๋ ค๋ด
Jamsirado gwaenchanheun nareul geuryeobwa

ํ•œ ํŽธ์˜ ์˜ํ™”๊ฐ™์€ ์–ด๋–ค ๋‚ ์„ ๋‚œ
Han phyeonui yeonghwagatheun eotteon nareul nan

์˜ค๋Š˜์ฒ˜๋Ÿผ ํ•˜๋ฃจ๋ฅผ ์ฐธ์•„๋„
Oneul cheoreom harureul chamado

์ž๊พธ ๋˜๋Œ์•„์˜ค๋Š” ๋งค์ผ์„ ์‚ด๊ณ 
Jakku dwidoraoneun maeireul salgo
๋ฐ”๋ณด๊ฐ™์€ ์ผ์„ ๋ฐ˜๋ณตํ•˜๊ณ 
Babogatheun ireul banbokhago

ํ˜ผ์ž ๋˜ ํ•œ ์ผ ์— ์„œ์„œ
Honja tto han khyeone seoseo

์ •๋ง ํ˜น์‹œ๋‚˜ ๋‚ด์ผ์€ ๋‹ค๋ฅผ๊นŒ๋ด
Jeongmal hoksina naeireun dareulkkabwa

ํ•œ ๊ฑธ์Œ๋„ ๊ฐˆ ์ˆ˜๊ฐ€ ์—†์–ด
Han georeumdo gal suga eobseo

ENGLISH TRANSLATION

Dreams that filled up my room
Lost meaning page by page
Now it has faded

Written in the past
On all those small papers
Now I’m blanking out

It’s not easy to look
At a different tomorrow
So I can’t even do anything

Even if I endure through a day like today
Each day keeps repeating
Foolish things keep repeating
So I’m standing in a corner by myself
Thinking maybe tomorrow will be different

I can’t take a single step
Future hopes that I wanted to fulfill
They’re still stuck in that time

Sometimes, I long for the young days
Because if I stand there again
Maybe I can smile

Now I’m used to the same things
Repeating over and over
So time is just passing like that

Even if I endure through a day like today
Each day keeps repeating
Foolish things keep repeating
So I’m standing in a corner by myself
Thinking maybe tomorrow will be different

I can’t take a single step
Even if it’s just a moment, it’s alright
I’m drawing myself out

As if I’m in a movie
Even if I endure through a day like today
Each day keeps repeating

Foolish things keep repeating
So I’m standing in a corner by myself
Thinking maybe tomorrow will be different

I can’t take a single step

Rom: cherryngobrol
Korean: music naver
English: popgasa